Senin, 14 November 2011

REVIEW DELL.COM


Dell Inc didirikan oleh Michael Dell. Mechael lahir pada tanggal 23 Februari 1965 di Houston, anak dari seorang orthodontist, dan seorang manager keuangan. Sejak belia, Michael Dell sangat tertarik dengan dunia komputer, bahkan di usia 15 tahun, Michael sudah berani mempreteli komponen-komponen komputer. Michael Dell drop out dari University Of Texas, dan mulai merintis bisnisnya sendiri di usia 19 tahun.
Pada tahun 1984, dengan bermodalkan uang hanya seribu dollar, Michael mulai memasarkan PC limited edition yang merupakan pengembangan dari hardware-nya IBM. Strategy yang ia gunakan adalah menjual PC secara langsung ke konsumen sehingga ia dapat memetakan keinginan dan kebutuhan tiap konsumen dengan sejelas-jelasnya, sekaligus menekan biaya.
Pada tahun 1985, Michael Dell merancang sendiri, dan membuat komputer pertamanya, yang diberi nama Turbo PC di Zimbabwe, dimana dia menempatkan chip Intel 8018 yang berkecepatan 8 MHz. Banyak konsumen yang tertarik dengan komputer rakitan ini, karena produk tersebut bisa customized disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam memasarkan produk - produknya, Michael memilih strategi harga yang relatif murah. Hasilnya : ia mampu membukukan penjualan lebih dari 73 juta dollar. Pada tahun 1987, Micahael Dell mulai ekspansi bisnisnya dengan memasarkan komputer di Inggris. Dan pada tahun 1988 berdirilah Dell Computer Corporation.

Tahun 1989, Dell mulai membuat software sendiri untuk mendukung komputernya.
Tahun 1990, Dell mencoba strategi pemasaran yang baru, yaitu menjual melalui perantara berupa superstore maupun warehouse, namun hasilnya tidak menggembirakan.
Tahun 1992, Dell kembali ke sistem pemasaran semula, yaitu meniadakan perantara, dan menjual langsung kepada konsumen. Di tahun ini juga, Dell tercatat dalam daftar Fortune 500, yaitu 500 perusahaan terbesar di dunia, serta menobatkan Michael Dell sebagai CEO termuda.
Pada tahun 1996, Dell mulai menawarkan produknya melalui internet.
Pada tahun 1999, Dell membeli produsen komputer Compaq, dan ini semakin menancapkan Dell di pasar PC Amerika.
Pada tahun 2002, Dell mulai merambah dunia multimedia dan home entertaiment dengan merakit TV, digital audio player, perkakas rumah tangga, dan printer.
Pada tahun 2003, Dell Computer Corporation berubah nama menjadi Dell Inc.
Pada tahun 2004, Michael Dell meletakkan jabatannya sebagai CEO, dan bertindak sebagai komisaris. Di tahun ini pula, dia meluncurkan buku biografi yang berjudul, Direct From Dell : Strategies That Revolutionized an Industry, yang mengupas tuntas latar belakang perusahaannya, yang semula nilainya hanya 1.000 dollar, menjadi 100 miliar dollar.
Pada tahun 2005, Dell Inc mendapat gelar sebagai "Most Admired Companies" dari majalah Fortune.
Pada tahun 2005, Dell meluncurkan Dell XPS yang diperuntukkan bagi penggemar game. Dell juga memperkenalkan beragam peripheral komputer seperti USB drives, TV LCD, dan printer yang dijual secara terpisah.
Pada tahun 2006, Dell mengambil alih kepemilikan Alienware, sebuah produsen hardware. Di tahun ini pula Dell dinobatkan sebagai perusahaan komputer terbesar setelah HP.
Pada tahun 2007, Dell mulai merambah pasar Asia denga fokus pada cabangnya di Malaysia dan China.
Micahel Dell dinobatkan sebagai orang terkaya nomor empat di dunia versi majalah Forbes.
Sama seperti Bill Gates, Michael Dell dan Istrinya, Susan mendirikan yayasan filantropis bernama Michael and Susan Dell Foundation. Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan anak anak di seluruh Amerika, dan di dunia