Sabtu, 24 September 2011

Wal-Mart: High Cost Of Low Price

                 Walmart adalah perusahaan ritel terbesar di Amerika Serikat. Perusahaan ini memiliki pusat perbelanjaan yang tersebar di seluruh Amerika Serikat dan juga di luar negeri. Walmart menjual barang eceran dengan harga rendah, sesuai dengan slogan yang berbunyi "Simpan uang, kehidupan yang lebih baik". Walmart menggunakan teknologi informasi untuk mengurangi biaya, meningkatkan kualitas, efisiensi, layanan pelanggan dan mengurangi waktu ke pasar. Selain itu, dengan penggunaan teknologi informasi untuk mengelola perluasan bisnis secara regional dan global. Walmart membangun jaringan satelit canggih yang menghubungkan titik penjualan di semua toko. Dalam setiap kampanye Walmart selalu memegang motto "Selalu Harga Rendah" untuk menarik pembeli. Pada karyawan Walmart melembagakan beberapa kebijakan dan program bagi karyawan mereka: bonus rencana insentif diskon pembelian saham, promosi dari dalam, "kebijakan pintu terbuka" kenaikan gaji berdasarkan kinerja daripada senioritas dan juga.
                   "Walmart: Biaya Tinggi Harga Rendah" adalah sebuah video dokumenter yang dibuat oleh Robert Greenwald yang membuka serangan raksasa ritel pada keluarga dan nilai-nilai Amerika. Video ini berisi cerita tentang kehidupan keluarga sehari-hari dalam perjuangan swasta dan publik.Film dimulai dengan cuplikan Walmart CEO Lee Scott memuji dan menjelaskan sedikit banyak tentang keberhasilan Walmart. Pada bagian pertama menceritakan kisah atau sejarah berdirinya Walmart, Walmart asal berasal dari sebuah kota yang tidak besar sampai membentuk Walmart besar dan menghasilkan keuntungan yang sangat tinggi setiap tahunnya. Sebagian besar bagian dari film ini adalah wawancara pribadi dengan orang-orang yang terlibat langsung dalam Walmart.
                   
Namun, di balik kesuksesan Walmart adalah sisi negatif dari perkembangan ritel raksasa. Walmart telah mengakuisisi banyak perusahaan lain bahkan mematikan bisnis ritel yang penduduk memiliki jalur pribadi mereka dengan keluarganya hanya dalam beberapa bulan setelah pembentukan Walmart di daerah tersebut. Walmart karyawan yang telah bangga bekerja di perusahaan untuk mengeluh karena mereka tidak mendapatkan asuransi atau asuransi kesehatan untuk keluarga mereka seperti yang dijanjikan. Walmart pekerja menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Jika mereka tidak bekerja secara penuh, maka Wal-Mart bisa mencari pengganti mereka. Pekerja Walmart juga ada yang ilegal. Mereka bekerja sebagai petugas kebersihan yang bekerja mulai pukul 9 malam sampai 07:30, mereka dikunci di toko sampai manajer datang di pagi hari.
                   Diskriminasi terhadap perempuan dan warna kulit (hitam) juga terjadi di Walmart yang menimbulkan protes dari para pekerja seperti yang dituturkan oleh Edith Arana. Selain itu, ada juga seorang wanita yang meninggal sebagai akibat dari rasa tidak aman di tempat parkir. Hal ini menghasilkan banyak kerusuhan antar consumen. Pada akhir video dokumenter ini berakhir dengan wawancara dari beberapa tokoh masyarakat yang menolak pembentukan Walmart di daerah mereka. Beberapa bahkan membuat komunitas "anti-Walmart" dan juga melakukan demo "penolakan Walmart "....